Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) VI – 2018

July 5, 2018

Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) ke-6 merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP sederajat se-Indonesia. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan pelajar Indonesia dalam menganalisa permasalahan untuk mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. LKIP juga berperan untuk menumbuhkan minat pelajar Indonesia dalam meneliti dan berinovasi melalui metode dan cara berpikir ilmiah yang kreatif dalam berbagai bidang displin ilmu. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Lomba Karya Inovasi Pelajar ke-6 ini terbagi atas 3 bidang yakni Ilmu Pengetahuan Hayati (Life Sciences and Ecology), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (Social and Behavioral Sciences), dan Ilmu Pengetahuan Teknik (Engineering Sciences).

Syarat Penelitian :

1.     Penelitian harus termasuk kategori bidang LKIP berikut :

a.    Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan

Merupakan penelitian yang berkaitan dengan studi sosial dengan beberapa sub tema: Psikologi (Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, Psikologi Fisiologis), Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, dan lainnya.

b.    Ilmu Pengetahuan Hayati

Merupakan penelitian yang berkaitan dengan ilmu alam, dengan ruang lingkup makhluk hidup, energi dan perubahannya, dan keilmuan tentang alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Hewan, Obat dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, dan lainnya.

c.    Ilmu Pengetahuan Teknik

Merupakan penelitian yang berkaitan dengan merancang dan menghasilkan perangkat-perangkat, struktur-struktur dan proses-proses yang dapat digunakan serta dapat berupa inovasi produk dan pengembangan system, dengan subtema: Fisika, Energi dan Transportasi, Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Material & Bioteknologi, dan Ilmu Matematika lainnya.

2.     Penelitian dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok (maksimal 2 orang)

3.     Penelitian Belum pernah dipublikasikan ataupun diikutkan lomba sejenis

4.   Setiap sekolah tidak dibatasi mengenai jumlah Penelitian yang dilombakan dalam LKIP ke-6 namun setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 judul penelitian.

5.     Setiap Peserta, perorangan atau kelompok wajib mengirimkan abstrak penelitian, dan makalah penelitian dalam bentuk softcopy dan hardcopy.

6.     Penelitian bertema ā€œPengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sebagai Pondasi utama Pembangunan Nusantara.ā€

Persyaratan Seleksi :

1.   Peserta mendaftar secara online dengan mengisi formulir pendaftaran

a.    Mengisi Data Diri Peserta dan Data Prestasi Akademik maupun Non Akademik

b.    Softcopy Makalah dalam bentuk PDF.

c.    Scan Kartu Pelajar / Surat keterangan sebagai siswa SMP dari sekolah

Mengirimkan 4 buah hardcopy makalah ke alamat SMA Taruna Nusantara dengan warna cover:
– Ilmu Pengetahuan Sosial dan kemanusiaan    = kuning
– Ilmu Pengetahuan Hayati            = hijau
– Ilmu Pengetahuan Teknik            = merah

2.   Biaya pendaftara sebesar Rp 100.000,00 , Petunjuk pembayaran akan dikirim melalui email setelah peserta mengisi formulir online dibawah ini

3.   Pendaftaran dan pengiriman makalah paling lambat 7 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB. Jika mengalami kesulitan dalam melakukan pedaftaran dan upload makalah silahkan berkas bisa dikirim melalui email [email protected]

4.   Pengumuman finalis akan diumumkan pada tanggal 16 Oktober 2018. Peserta akan menerima surat pemanggilan finalis beserta teknis pelaksanaan babak pameran dan presentasi.

5.    Keputusan dewan juri bersifat Mutlak.

Buku Panduan LKIP VI   Surat Undangan   Peserta LKIP VI